Tips/Cara Menjaga Tubuh Tetap Sehat Dengan Pola Hidup Sehat

Posted: Desember 22, 2008 in Umum
Tag:

Dalam menjalani hidup sehari-hari kita sebaiknya selalu mengedepankan kesehatan
tubuh dan jiwa kita karena sehat itu nikmat dan juga ada pepatah yang mengatakan
bahwa seseorang tidak akan menghargai kesehatannya sendiri di saat ia masih sehat.
Begitu pentingnya kesehatan sehingga ada orang yang rela membayar milyaran rupiah
untuk kesehatan dirinya di saat dia sakit.
Tip berikut ini adalah contoh kegiatan yang dapat kita jalani dalam keseharian kita di
dunia. Kegiatan atau aktivitas tersebut masuk ke dalam penerapan pola hidup sehat,
yaitu :1. Menghindar / Berhenti Dari Kebiasaan Bodoh Yang Menjijikkan
Kegiatan bodoh yang bagi sebagian orang disangka / dianggap sebagai kegiatan yang
keren, macho dan gaul adalah seperti merokok, minum minuman keras, menggunakan
obat-obatan terlarang / narkotika / zat additif lainnya yang menyebabkan kecanduan.
Bayangkan saja jika sudah terkena salah satu aktifitas bodoh di atas maka seseorang
bisa mengeluarkan banyak uang untuk membeli barang candu tersebut, untuk biaya
berobat di masa depan, membuang banyak waktu untuk membeli dan mengkonsumsi
barang-barang haram tersebut.
Menggunakan barang menjijikkan tersebut tentu saja menambah dosa kita berlipat
ganda karena dampak / efeknya tidak hanya kita saja yang merasakan, namun juga
orang lain seperti orang tua, teman, keluarga, pacar, dan lain sebagainya.
2. Jangan Melakukan Hubungan Seks Bebas Di Luar Nikah
Seks memang enak bagi sebagaian orang. Namun alangkah terhormat dan terpujinya
apabila hubungan sex tersebut dilakukan dengan penuh tanggung jawab dan dengan doa
restu dari banyak orang. Kebanyakan ngeseks memang disepelekan bagi pasangan yang
sudah terbiasa melakukannya ataupun bagi orang yang mudah terangsang tanpa iman
yang kuat.
Dampak akibat dari pergaulan bebas melakukan seks pranikah yaitu misalnya seperti :
a. hamil di luar nikah dan si laki-laki lari dari tanggungjawab.
b. terkena penyakit menular seperti AIDS yang tak ada obatnya.
c. dosa besar kepada Tuhan
d. dikucilkan dari pergaulan dan masyarakat
e. digrebek polisi / satpol pp / hansip
f. dibunuh pacar sendiri, diperkosa, dsb.
g. ketagihan akan orgasme dan berkembang ke tahap yang membahayakan.
h. awal dari kegiatan bodoh nomor 1 di atas.
i. susah mendapat jodoh ketika mau serius nikah.
j. berbohong pada orang tua, keluarga, kerabat, teman, dsb.
k. dan masih banyak lagi akibat buruknya.
Tujuan dari seks untuk mendapatkan klimaks / orgasme banyak didewakan oleh banyak
orang yang tersesat dan mereka akan mencari korban lain untuk diajak dan diseret ke
dalam lembah hitam tersebut. Jika berhbungan dengan lawan jenis maupun sesama jenis
tanpa ikatan pernikahan sebaiknya jangan melihat sisi enaknya saja kalau ngesex, tapi
lihat sisi negatifnya yang sangat banyak. Anda akan jijik melakukannya.
3. Makan Makanan Yang Sehat Dan Sesuai Aturan
Makanan enak belum tentu sehat. Banyak makanan serta minuman yang berbahaya dan
tidak sehat apabila dikonsumsi. Contohnya seperti penggunaan boraks dan formalin
sebagai pengawet makanan dan minuman yang seharusnya digonakan untuk
mengawetkan mayat / jenazah / bangkai.
Kalau jajan jangan sembarangan. Belilah makanan dan minuman di tempat yang dapat
terjamin kebersihan / higienitas makanan minuman tersebut. Hati-hati dan selalu
waspada terhada apa pun yang akan kita masukkan ke dalam mulut kita karena bisa saja
minuman atau makanan yang kita beli dan siap disantap tersebut telah dicampur dengan
zat beracun yang berbahaya seperti arsenik, obat tidur, racun seangga, racun tikus,
pengewet bukan untuk makanan dan minuman, dan lain sebagainya. Lihat pula
kebersihan tempat serta pengolahan dan pemilihan bahan baku makanan / minuman.
Jangan mudah tergoda dengan iklan di tv, radio, surat kabar, majalah, sales, dan lain
sebagainya. Terkadang produsen pun berbohong demi mendapatkan keuntungan yang
besar dan bekerjasama dengan oknum pemerintah agar tutup mulut.
Makan makanan dan minuman yang bergizi yang disesuaikan dengan kondisi tubuh,
aktivitas serta usia kita. Makan sebelum lapar dan berhenti makan sebelum kenyang
adalah kebiasaan yang baik. Jangan pernah lupa dengan empat sehat lima sempurna
yang sering kita dengar dari dulu kala. Makan dengan asupan gizi seimbang karena apa
yang kita makan akan merepresentasikan diri kita di masa yang akan datang.
4. Menjaga Kebersihan Diri Sendiri Dan Lingkungan Sekitar Kita
Kebersihan diri sendiri perlu diperhatikan dan dijaga dengan baik karena terkait /
berkaitan erat dengan penampilan kita di masyarakat umum. kerapihan dan kebersihan
badan seperti rambut, kuku, wajah, mata, telinga, kulit, mulut, gigi, tangan, kaki, dll
dapat memberi efek pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Hindari bertukar
peralatan mandi, bersolek, kesehatan, pakaian pribadi dengan orang lain karena mungkin
dapat menularkan penyakit yang berbahaya.
Bayangkan saja kalau ada orang sakit gigi akut bisa menyebabkan dia tidak masuk
kantor berhari-hari karena rasa sakitnya yang tidak tertahankan. Orang yang memiliki
penampilan serta gaya yang jorok akan dijauhi dari pergaulan sehari-hari dan akan sulit
mendapat teman, pacar, jodoh, pekerjaan, kepercayaan dan lain-lain.
Jaga kebersihan lingkungan dari sampah dan gangguan penyakit lingkungan karena
lingkungan dapat mempengaruhi kesehatan tubuh kita. Sampah yang menimbun dan
membusuk mampu mengeluarkan bau yang tidak sedap / enak, pemandangan yang
kumuh / kotor, bunyi lalat yang beterbangan, suara sumpah-serapah orang yang berada
disekitarnya, dan lain sebagainya.
Sampah juga bisa menjadi sarang penyebar penyakit seperti tikus yang menyebarkan
penyekit leptospirosis melalui kencing tikus serta tipes / tipus. Nyamuk juga bisa
menyebarkan bibit plasmodium yang dapat berkibat melaria dan demam berdarah pada
seseorang. lalat yang menebar bakteri dan virus yang menyebabkan penyakit
pencernaan seperti beri-beri, mencret, diare, dan sebagainya.
Polusi seperti limbah sampah dan wc rumah tangga, limbah pabrik, polusi suara, dan
polusi lainnya perlu diselesaikan dengan sigap dan terkoordinir dengan baik antar
anggota masyarakat di suatu lingkungan agar menghasilkan hasil lingungan bersih dan
nyaman yang baik
5. Berolahraga Dan memeriksakan Kesehatan Ke Dokter Secara Berkala
Berolah raga secara teratur dapat memacu jantung, pernafasan dan peredaran darah
menjadi lebih baik. Biasakan berolah raga setiap hari dengan kegiatan yang ringan
seperti berjalan kaki, senam, fitnes, joging, bersepeda, atau melakukan olah raga penuh
seperti main badminton, sepak bola, lari maraton, tenis, bola basket, dan lain
sebagainya.
Selain olah raga ada lagi yang tidak kalah pentingnya dengan olahraga yaitu periksa
kesehatan berkala secara teratur ke dokter. Guna pemeriksaan kesehatan terprogram
adalah agar penyakit atau kelainan yang timbul dapat terdeteksi dengan lebih cepat
sehingga pengobatan pun tidak akan memakan banyak biaya, waktu dan tenaga.
6. Hindari Stress Yang Menyebalkan Dengan Cara Yang Sehat Dan Halal
Untuk menghindari stress diperlukan strategi untuk masing-masing individu. Carilah cara
yang terbaik untuk menghilangkan stress dengan cara anda sendiri yang mudah, dapat
dilakukan di mana-mana, murah meriah, sehat, halal, dan enak dilakukan. Contoh
aktivitas penghilangan stres adalah seperti mendengarkan musik yang menurut pribadi
enak didengar dan ngilangin beban pikiran yang ada, main video game, main musik
musik, olah raga, ngobrol ama temen sobat karib, curhat, maen kartu non judi, pacaran
sehat, makan, melakukan hubungan suami isteri / intim dengan pasangan yang sah,
nongkrong di wc, jalan-jalan ke mall, nyanyi, main mainan anak kecil, berkebun,
mancing, teriak di tempat sepi, tidur / bobo, dan lain sebagainya.
Intinya dalam hidup anda adalah nyantai aja dengan semua problema yang ada. Buat
apa susah (stres), susah itu tak ada gunanya. Emosi anda jangan sampai menjadi jahat
dan menguasai diri anda, karna emosi yang tidak terkendali dan terkadang menjadi
dendam, sakit hati, dan lain sebagainya yang terlihat bodoh bagi orang lain. Ada masalah
/ problem yang bisa bikin anda depresi cuek aja lah, kayak nggak ada kerjaan laen saja.
Tidur yang cukup, dekatkan diri dengan Tuhan Yang Maha Esa sesuai agama dan
kepercayaan masing-masing asal tidak jahat, serta melaksanakan program pola hidup
sehat dapat mencegah stres maupun depresi yang apabila sudah parah dan kronis bisa
menjadi gangguan jiwa dan penyakit jiwa yang membuat anda perasa tertekan dan malu
pada orang banyak. Konsultasikan dengan psikolog jika anda memiliki masalah kejiwaan
atau orang lain yang anda percaya jika anda malu. Buka hati anda untuk menerima
kritik, masukan dan saran dari orang lain dan rubah gaya hidup anda jika diperlukan
demi kesehatan jiwa / batin anda.(Sumber : Komunitas dan Perpustakaan Online)

Komentar
  1. senopatiarthur mengatakan:

    Promosikan artikel anda di http://www.infogue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, game online & kamus online untuk para netter Indonesia. Salam!
    http://obat2-an.infogue.com/tips_cara_menjaga_tubuh_tetap_sehat_dengan_pola_hidup_sehat

    salamkenal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s